Ini Penampakan Perubahan Desain Kapal Selam Terbaru Rusia

TASS

ANGKASAREVIEW.COM – Baru-baru ini beredar foto-foto peluncuran kapal selam terbaru Rusia, Project 955A. Foto-foto tersebut memperlihatkan sejumlah perubahan dari kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir (SSBN) kelas Borey-A dengan call signKnyaz Vladimir’.

Knyaz Vladimir merupakan kapal selam versi terbaru dari Project 995 (kelas Borey) yang telah menelurkan tiga kapal selam, yakni Yuri Dolgoruky, Alexander Nevsky, dan Vladimir Monomakh. Kapal selam betenaga nuklir ini direncanakan secepatnya akan dikirim untuk berdinas di Angkatan Laut Rusia tahun depan.

Knyaz Vladimir secara resmi diluncurkan dari gudang bangunan Sevmash (bagian dari United Shipbuilding Corporation) di Severdvinsk pada 17 November lalu.

Project 955A dikembangkan oleh Rubin Central Design Bureau for Marine Engineering (juga bagian dari United Shipbuilding Corporation) mengambil desain asli Project 955 yang dibuat pada awal tahun 1990-an.

Mengutip Kantor Berita Rusia, TASS, perubahan desain yang tersemat pada Project 955A antara lain: desain yang lebih tenang, habitabilitas yang lebih baik, meningkatkan kemampuan manuver, peningkatan kinerja sensor, dan peralatan elektronik terbaru.

Dari tampilan luar, salah satu perubahan yang terlihat mencolok adalah pada bentuk strukrur siripnya. Pada versi sebelumnya, bentuk sirip miring ke depan dan menonjol di ujungnya. Sedangkan Knyaz Vladimir memiliki sirip tumpul yang tampak lebih tradisional dan pada bagian dasarnya disematkan sebuah sistem yang berfungsi untuk mereduksi kebisingan aliran hidrodinamik.

Selain itu, pengembangan juga dilakukan pada lapisan anechoic yang didesain untuk mengurangi kadar gema target.

Para analis juga mencatat, pada versi sebelumnya masing-masing kapal selam Projek 955 memiliki bentuk rudder yang sedikit berbeda dengan Project 955A. FERY SETIAWAN

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *