Didampingi F-15C, Angkatan Udara AS Mulai Kerahkan F-35 ke Pasifik

USAF

ANGKASAREVIEW.COM – Angkatan Udara Amerika Serikat (US Air Force /USAF) mengerahkan pesawat tempurnya terbarunya, F-35A Lightning II, ke wilayah Pasifik. Seperti diumumkan Komando Pasifik AS (US Pacific Command/USPACOM) Selasa (21/11/2017) lalu, pengerahan tersebut merupakan kali pertama F-35 ke luar teritori negaranya untuk melaksanakan latihan penempur serangan gabungan (joint strike fighter/JSF) di Pulau Okinawa, Jepang.

Tercatat USAF mengerahkan sebanyak 12 pesawat dan lebih dari 300 personel dari 388th dan 419th Fighter Wings yang berbasis di Pangkalan Udara Hill di Utah. Pasukan ini pada hari itu memulai unjuk gigi untuk melaksanakan Operasai Paket Keamanan Mandala (theater security package/TSP) dari Pangkalan Kadena.

Pengerahan pasukan USAF yang dimulai sejak awal November ini akan memperlihatkan kegagahan perpaduan penempur kawakannya, Boeing F-15C Eagle dan penempur silumannya Lockheed Martin F-35A dari 18th Fighter Wing yang berada di Pangkalan Kadena.

Selama enam bulan ke depan, operasi tersebut akan memberikan kepastian perlindungan keamanan terhadap para sekutu AS di kawasan itu, terutama yang ikut melaksanakan latihan gabungan itu. FERY SETIAWAN

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *