Mulai Diperkuat F-35, AU Norwegia Akan Hapus F-16

USAF

ANGKASAREVIEW.COM – Angkatan Udara (AU) Norwegia menerima tiga jet tempur siluman F-35 pada Jum’at (3/11) lalu. Pengiriman tersebut merupakan bagian dari rencana penghapusan pesawat F-16A/B yang telah menua di AU tersebut.

Pesawat tempur generasi kelima F-35 buatan Lochkeed Martin akan ditempatkan secara permanen di Pangkalan Udara Orland. Namun, pangkalan pertama yang diperkuat jet modern ini adalah Pangkalan Udara Luke  yang digunakan sejak tahun 2015 untuk pelatihan pilot mereka.

Norwegia pada akhirnya akan mengoperasikan 52 armada F-35. Sejalan dengan itu Lockheed Martin sebagai pihak produsen bersepakat akan mengirim enam pesawat ini per tahun dimulai tahun depan. Sebelumnya tercatat, AU Norwegia mengoperasikan 46 F/16A dan 10 F-16B.

Sehari sebelumnya (Kamis, 3/11), Pentagon mengumumkan bahwa mereka harus menangguhkan semua pengiriman F-35 dari tanggal 21 September hingga 20 Oktober akibat ditemukannya permasalahan berupa korosi di pesawat itu.

Selain militer AS dan Norwegia, negara lain yang mengoperasikan F-35 yakni Korea Selatan, Jepang, Australia, Belgia, Kanada, Denmark, Finlandia, Israel, Belanda, Turki, dan Inggris. FERY SETIAWAN

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *