Sangar, The Berkuts Tim Aerobatik Helikopter Tempur Rusia

Mil

The Berkuts (Elang Emas) adalah tim aerobatik Angkatan Udara Rusia yang menggunakan helikopter (rotary wing). Tim aerobatik ini menjadi terlihat sangat sangar karena menggunakan helikopter serang, yakni Mil Mi-28N Night Hunter.

Di dunia hanya ada delapan tim aerobatik yang menggunakan helikopter. Mereka berasal dari tujuh negara, yaitu The Berkuts dari AU Rusia (WS), Sarang dari AU India (IAF), Scorpions dari AD Polandia (AoPLF), Rotores de Portugal dari AU Portugal (PoAF), Patrulla Aspa dari AU Spanyol (PsAF), dan Dynamic Pegasus dari Indonesia (Skadron Udara 7 TNI AU). Dua lagi berasal dari Inggris, yakni Blue Eagle dari AD Inggris dan Black Cat dari AL Inggris.

Kebanyakan dari tim aerobatik tersebut menggunakan heli latih atau heli ringan, termasuk Dynamic Pegasus misalnya, yang menggunakan heli EC-120B Colibri.

Mil
The Berkuts didirikan 25 tahun lalu, tepatnya pada 11 April 1992. Pada masa awal berdirinya, The Berkuts menggunakan empat helikopter tempur Mil Mi-24P Hind-F. Kemudian armadanya ditambah dua lagi menjadi enam unit namun dengan versi yang berbeda.

Helikopter yang mereka gunakan dicat dengan warna kamuflase biasa, namun pada bagian bawah diberi warna nasional Rusia (putih, biru, dan merah) yang berbentuk seperti kilat mulai dari kokpit hingga ekor. Mereka yang menjadi pilot-pilot generasi awal The Berkuts adalah Alexander Chichkin, Alexander Novochenko, Evgeny Ignatov, Anatoly Egorov, Alexander Rudykh, dan Alexander Anikin.

aerobaticteams.net
Modernisasi armada The Berkuts terjadi pada tahun 2012. Setelah genap 20 tahun menunggangi Mi-24P, helikopter yang mereka gunakan diganti menjadi Mi-28N sebanyak enam unit.

Tentunya perjalanan The Berkuts tidak seutuhnya mulus. Pada 2 Agustus 2015 terjadi insiden di sesi akhir demonstrasi udara yang mereka lakukan di Ryazan. Satu armada The Berkuts jatuh dan terbakar sehingga merenggut nyawa salah satu pilotnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *