Maksimalkan Kemampuan Terjun Paskhas, TNI AU Ingin Beli Hercules Tipe J

USAF

ANGKASAREVIEW.COM – Seusai memimpin upacara Peringatan 70 Tahun Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI Angkatan Udara, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa TNI AU berencana untuk memperkuat diri dengan mengakuisisi pesawat C-130 Hercules tipe J.

“Sesuai dengan pembinaan kekuatan di Angkatan Udara, dalam renstra II ini akan menambah kekuatan pesawat Hercules tipe J,” tutur KSAU saat ditemui di Lanud Adisutjipto, Jogjakarta, Selasa (17/10).

Menurutnya, langkah tersebut menjadi suatu lompatan teknologi bagi TNI AU. Dengan begitu akan berpengaruh langsung terhadap kesiapan Pasukan Khas.

Rendy

“Karena Pasukan Khas dalam melaksanakan penerjunan, apabila menggunakan pesawat yang akan kita datangkan lagi (tipe J) itu dilengkapi dengan oksigen. Sehingga profil penerjunan berubah menjadi profil penerjunan menggunakan HALO maupun HAHO,” terangnya.

Berbeda dari versi sebelumnya, pesawat Hercules tipe J dilengkapi dengan oksigen, sehingga ketika melakukan penerjunan di ketinggian 10.000 kaki pasukan penerjun Paskhas juga masih bisa menghirup oksigen karena peralatan yang ada di pesawat itu.

Diharapkan ketika TNI AU berhasil memiliki pesawat Hercules baru, nantinya pasukan penerjun Paskhas dapat melaksanakan kegiatan penerjunan dengan aman.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma TNI Jemi Trisonjaya menjelaskan bahwa mulai dari segi avionik hingga segi persenjataan, pesawat C-130 Hercules tipe-J melebihi dari tipe yang sekarang dimiliki TNI AU.

“Disampaikan oleh KSAU tadi, bertahap disesuaikan dengan rencana strategi (renstra), karena saat ini kita masih mengikuti dari Minimum Essestial Force (MEF) jadi sesuai dengan perkembangan kebutuhan,” imbuh Jemi. FERY SETIAWAN

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *