Siap Ciptakan Rekor Baru, Paramotor Hadir dalam Berbagai Acara di Indonesia

Ron | Angkasa Review

ANGKASAREVIEW.COM – Baru saja berlalu pemecahan Rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) untuk penerbangan paramotor terbanyak di Indonesia, yaitu 44 pilot mengudara bersama di langit Kabupaten Ngawi, Jawa Timur menggunakan Paramotor (Paralayang Bermotor) pada Minggu, 3 September 2017.

Kegiatan yang dilaksanakan sekaligus untuk memeriahkan HUT Kabupaten Ngawi ke-659 dan HUT Republik Indonesia ke-72 tersebut diprakarsai dan disaksikan langsung oleh Bupati Ngawi Budi Sulistyono. Budi hadir berserta jajaran, Ketua DPRD Ngawi Dwi Riyanto Djatmiko, serta unsur Muspida setempat.

Pemecahan Rekor MURI “44 Paramotor Terbang Bersama di Udara” diikuti oleh seluruh perwakilan pilot paramotor dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam wadah Paramotor Indonesia, Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (FASI). Tercatat lebih dari 200 orang menggeluti olahraga ini di Indonesia. Sebanyak 178 di antaranya telah mendapatkan lisensi untuk terbang di seluruh wilayah Indonesia, yang tentunya tetap berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak-pihak terkait.

Paramotor Indonesia

Untuk pemecahan rekor di Ngawi, Ketua Paramotor Indonesia Kombes Pol Puja Laksana sebagaimana dikutip laman pemerintahan Kabupaten Ngawi mengatakan, sebanyak 50 pilot paramotor mendaftar untuk acara tersebut. Sebanyak 44 peserta hadir dan melaksanakan kegiatan tersebut.

Puja Laksana mengucapkan terima kasih kepada Bupati Ngawi Budi Sulistyono yang sekaligus memperkenalkan olahraga paramotor kepada masyarakat setempat khususnya dan kepada masyarakat Indonesia pada umumnya.

Puja menambahkan, sebelumnya paramotor sudah memecahkan rekor terbang bersama, yakni 30 pilot paramotor mengudara bersama di Pantai Mertasari, Sanur, Bali pada 16 Oktober 2016.

Paramotor Indonesia

Bupati Ngawi dalam sambutannya menyatakan, Ngawi menjadi kota adventur tidak hanya untuk motor trail atau mobil jip saja, melainkan juga untuk paramotor dan olahraga lainnya. Dengan paramotor, keindahan Kabupaten Ngawi dapat terlihat dari udara. “Ini harus disosialisasikan kepada masyarakat,” ujar Budi.

Kegiatan paramotor hampir tidak pernah berhenti sepanjang waktu di Tanah Air. Dari event ke event, para pilot paramotor khususnya yang tergabung dalam grup Paramotor Indonesia dengan dukungan TNI AU, instansi-instansi terkait, maupun secara swadaya hadir menghiasi Bumi Nusantara dari Sabang hingga Merauke.

Pada pelaksanaan Wisuda Terpadu 2.046 Perwira Transportasi BPSDM Perhubungan Kemenhub yang dilaksanakan di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Tangerang, Kamis (7/9/2017), tim Paramotor Indonesia kembali hadir memeriahkan acara. Paramotor diminta terbang paling awal, pagi hari ketika upacara akan dimulai.

Paramotor Indonesia

Paramotor melakukan flypast di depan podium dengan sebagian membawa banner dan ucapan selamat, baik bagi para wisudawan, peserta upacara, dan hadirin undangan.

Dalam waktu dekat, pada upacara HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-72 di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten kembali paramotor diminta untuk berpartisipasi. Tim Paramotor Indonesia diminta tampil sebanyak-banyaknya untuk memeriahkan acara.

Apakah paramotor kembali akan menciptakan Rekor MURI yang baru? Kita tunggu saja. Semua tergantung kepada adanya partisipasi bersama. RONI SONTANI

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *