Kapal Induk Nuklir Amerika Terbaru Telah Siap Beroperasi

USN

ANGKASAREVIEW.COM – Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy/AL AS) telah siap mengoperasikan kapal induk nuklir terbaru USS Gerald R. Ford (CVN 78).

USS Gerald R. Ford merupakan kapal induk kelas terbaru (Gerald R. Ford-class) dengan desain terbaru dalam kurun 40 tahun sebagai kelanjutan kapal induk nuklir kelas Nimitz (Nimitz-class).

Nimitz-class sendiri terdiri dari 10 unit kapal induk nuklir, yakni USS Nimitz (CVN-68), USS Dwight D. Eisenhower (CVN-69), USS Carl Vinson (CVN-70), USS Theodore Roosevelt (CVN-71), USS Abraham Lincoln (CVN-72), USS George Washington (CVN-73), USS John C. Stennis (CVN-74), USS Harry S. Truman (CVN-75), USS Ronald Reagan (CVN-76), dan USS George H.W Bush (CVN-77).

Laman resmi AL AS menerangkan, kapal induk USS Gerald R. Ford akan diresmikan pada Sabtu, 22 Juli 2017, pukul 10 pagi di Naval Station Norfolk, Virginia.

Nama Gerald R. Ford digunakan sebagai bentuk penghormatan terhadap Presiden AS ke-38 yang dinilai telah memberikan pengabdian yang besar terhadap negara baik semasa berdinas di AL AS maupun di Pemerintahan AS.

Semasa Perang Dunia II Gerald Ford yang kala itu berpangkat mayor bertugas di kapal induk ringan USS Monterey (CVL-26). Selesai dari dinas aktif pada pada Februari 1946, Ford selanjutnya menjadi pasukan cadangan Angkatan Laut hingga tahun 1963. Kariernya kemudian cemerlang setelah masuk ke dunia politik.

Gerald R. Ford menjadi Presiden AS pada 1974-1977 menggantikan Presiden Richard Nixon.

USS Gerald Ford akan menjadi cetak biru bagi dua kapal induk nuklir AL AS berikutnya, yakni USS John F. Kennedy (CVN-79) dan USS Enterprise (CVN-80). AL AS mengalokasikan anggaran 43 miliar dolar AS untuk membangun ketiga kapal induk yang disponsori oleh Susan Ford, putri mendiang Gerald Ford.

Dibangun oleh Huntington Ingalls Industries, USS Gerald R. Ford yang dilengkapi teknologi terbaru ini didesain mudah dalam perawatan dan memberikan lingkungan kehidupan yang lebih baik bagi para awaknya.

Dibandingkan kelas Nimitz, terdapat sedikitnya 23 modifikasi sistem terbaru yang diterapkan pada kapal induk Ford.

USS Gerald R. Ford diawaki oleh 2.600 pelaut yang artinya lebih sedikit 600 orang dibanding kelas Nimitz yang diawaki 3.200 pelaut.

Konstruksi USS Gerald R. Ford mulai dibuat tahun 2005 dengan peletakan lunasnya dilaksanakan tahun 2009. Setelah selesai dibuat, kapal ini diserahkan oleh pihak pabrikan ke AL AS pada 31 Mei 2017. USS Gerald R. Ford akan mulai melaksanakan tugas sesungguhnya tahun 2021 setelah melewati serangkaian uji operasi terlebih dahulu.

RONI SONTANI

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *